Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp vs Telegram

Robata Iroriya – Seiring kemajuan teknologi, komunikasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Salah satunya melalui aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Telegram. Kedua aplikasi ini sangat populer dan digunakan di seluruh belahan dunia. Lalu apa saja kekurangan yang perlu diwaspadai WhatsApp dan Telegram sebelum memutuskan untuk menggunakannya? Meski sudah banyak digunakan, ada berbagai kelemahan WhatsApp dan Telegram yang tidak bisa dianggap remeh. Hal ini dikarenakan kekurangan WhatsApp dan Telegram yang beberapa diantaranya menyangkut keamanan informasi pribadi dan mungkin saja digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun, WhatsApp dan Telegram berusaha memberikan yang terbaik untuk penggunanya.

Kekurangan Whatsapp

Meskipun WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan, ada sejumlah kelemahan WhatsApp yang perlu dikenali dan ditangani. Kelemahan WhatsApp meliputi:

1. Risiko pencurian akun

Salah satu kekurangan WhatsApp terletak pada kenyamanannya. Pasalnya, mendaftar dengan akun WhatsApp itu sangat mudah, bahkan dengan smartphone, koneksi internet, dan nomor ponsel. Sayangnya, ini bisa sangat merugikan karena akun WhatsApp bisa dengan mudah diretas oleh orang lain.

2. Penggunaan data yang besar

Masalah WhatsApp selanjutnya adalah aplikasi ini membutuhkan banyak penggunaan data. Tentu saja fitur chatnya tidak terlalu besar, tapi kamu bisa kehilangan kuota jika mengupload video dan terlalu sering menontonnya. Selain itu, status video WhatsApp juga bisa menggunakan jumlah yang besar.

3. Web WhatsApp Bermasalah

Pasalnya, WhatsApp merupakan remote control yang sama untuk mengontrol WhatsApp di smartphone. Sayangnya, WhatsApp tidak dapat digunakan secara otomatis jika smartphone tidak terkoneksi dengan internet.

Kelebihan dari Whatsapp

Terlepas dari kekurangannya, seharusnya ada manfaat lain dari WhatsApp. Pasalnya, keunggulan WhatsApp ini menjadi magnet bagi penggunanya. Manfaat WhatsApp meliputi:

1. Mudah digunakan

Keunggulan WhatsApp yang satu ini memang tidak bisa dipungkiri. Mungkin keunggulan WhatsApp juga menjadi alasan banyaknya kegunaan yang sudah cukup lama. Pasalnya, keunggulan WhatsApp sangat mudah digunakan bahkan untuk orang yang tidak menggunakan smartphone. Kemudian lagi, keunggulan WhatsApp tidak terbatas pada merek dan sistem smartphone tertentu. Hampir semua merek dan sistem smartphone kompatibel dengan aplikasi WhatsApp.

2. Sinkronisasi kontak otomatis

Selanjutnya adalah WhatsApp, karena aplikasi ini secara otomatis menyinkronkan kontak teman – teman. Jadi jika teman – teman sudah selesai menambahkan kontak atau nomor baru dan ingin menghubungi pemilik nomor tersebut, teman – teman bisa mendapatkan nomor tersebut langsung di WhatsApp tanpa harus melakukan sinkronisasi ulang atau mendaftar.

3. Dapat terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia

WhatsApp juga berguna tidak hanya untuk area keluarga tetapi juga untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga di mana saja. Selama Internet tersedia, teman – teman dapat berbicara dengan anggota keluarga dari berbagai benua, mengobrol, melakukan panggilan telepon, atau bahkan melakukan panggilan video.

Kekurangan dari Telegram

Selain membahas kekurangan WhatsApp tentunya kurang lengkap jika tidak membahas kekurangan Telegram salah satu pesaing WhatsApp. Kesalahan telegram berikut adalah:

1. Panggilan video hanya untuk dua orang

Salah satu kekurangan telegram yang paling kentara adalah fitur video call yang hanya bisa digunakan oleh dua orang. Ini sebenarnya berbeda dengan WhatsApp yang bisa melakukan video call ke lebih dari dua orang.

2. Tidak ada karakter historis

Minimnya telegram juga karena minimnya fitur historis seperti WhatsApp. Bagi sebagian orang, kekurangan telegram mungkin cukup membuat telegram lebih mudah digunakan.

3. Pemberitahuan pengguna baru

Jika teman – teman menggunakan Telegram, teman – teman akan sering merasa tidak nyaman dengan pemberitahuan pengguna baru. Pasalnya, Telegram akan memberi tahu teman – teman saat koneksi di smartphone teman – teman menjadi pengguna Telegram baru. Cacat Telegram sebenarnya bisa diatasi dengan mematikan fitur notifikasi di bagian “Settings” lalu masuk ke “Notifications” dengan memilih notifikasi untuk pengguna baru.

Kelebihan dari Telegram

Selain kekurangan telegram, ada beberapa manfaat yang perlu dikenali. Manfaat Telegram meliputi:

1. Telegram lebih mudah dijalankan

Fitur menarik Telegram memudahkan untuk menjalankan aplikasi kecil. Sebagai perbandingan, Telegram versi 3.8.1 yang dirilis pada 28 April 2016 memiliki ukuran 33,1 MB. Dirilis pada 13 April 2016, WhatsApp versi 2.16.2 memiliki ukuran aplikasi 74,5 MB. Dan juga terdapat bot telegram cari jodoh.

2. Dapat diakses pada perangkat yang berbeda pada waktu yang sama

Keuntungan berikutnya dari telegram adalah dapat diakses pada perangkat yang berbeda pada saat yang bersamaan. Faktanya, WhatsApp dan Telegram bisa ditemukan di PC atau laptop. Namun bedanya, jika teman – teman ingin membuka WhatsApp di PC, aplikasi WhatsApp di smartphone teman – teman harus aktif.

3. Bisa menampung anggota grup begitu banyak

WhatsApp menampung maksimal 256 pengguna, naik dari 100 sebelumnya. Keuntungan Telegram yaitu grup Telegram mampu menampung hingga 5.000 anggota tim.