Cara Menurunkan Darah Tinggi Di Usia Muda

Robata Iroriya –┬áTekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi biasanya dialami oleh orang tua. Namun saat ini, banyak anak muda yang mengalaminya karena faktor genetik dan gaya hidup yang tidak sehat. Tidak salah lagi, harus diketahui bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda. Tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai ‘the silent killer’. Kondisi kesehatan pada remaja dan dewasa seringkali terabaikan. Untuk meremehkan cara menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda.

Dalam studi baru dr laser, peneliti menemukan bahwa orang dengan tekanan darah di atas normal lebih cenderung memiliki tanda penyakit jantung pada usia paruh baya. Perlu diperhatikan untuk pria dan wanita berusia 18 hingga 30 tahun, dengan tekanan darah berkisar antara 120/80 hingga 139/89. Terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegah nyeri kronis yang terus berlanjut, sebaiknya dicegah sejak dini.

Berikut beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda, baik karena faktor genetik maupun stres.

1. Perubahan gaya hidup sehat

Perubahan gaya hidup dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda. Melaporkan Healthline, mengubah pola makan dan kebiasaan olahraga adalah dua cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah. Dalam hal pola makan, Vongpatanasin merekomendasikan makanan yang kaya sayur dan buah. Pola hidup sehat yang perlu dilatih di usia muda, baik untuk asupan maupun aktivitas fisik.

2. Olah raga seimbang dan teratur

Cara menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda dengan menjaga keseimbangan dan keteraturan dalam aktivitas fisik. Pilih olahraga yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. The American Heart Association merekomendasikan setidaknya 30 menit aktivitas aerobik setidaknya lima hari seminggu. Ini mungkin cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah.

3. Kurangi asupan garam

Cara menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah dengan membatasi asupan garam, karena penting untuk menjaga kesehatan tekanan darah. Dalam sebuah artikel di Guardian, Profesor Graham MacGregor, ketua Society for Blood Pressure dan profesor kedokteran kardiovaskular, menulis kepada Barts dan London School of Medicine: “Kami memiliki tujuh atau delapan jenis bukti yang semuanya menunjukkan peran garam. Dan saya tahu itu akan menurunkan tekanan darah dengan mengurangi setengah asupan garam saya.”

4. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Jika Anda merokok, berhenti adalah prioritas utama. Diet dan olahraga juga bekerja dengan baik untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali. Peluncuran Health.harvard, yang mulai menghentikan kecanduan merokok dan alkohol, diyakini sebagai cara efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda.

5. Menjaga berat badan

Cara menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan yang ideal. Buat peringatan yang sama setengah dari setiap makan sayur dan buah. Setengah lainnya harus mengandung protein dan karbohidrat sehat dari biji-bijian. Mencegah obesitas dapat membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal.

6. Hindari makanan cepat saji dan ‘rendah lemak’

Tak salah lagi, fast food seringkali menjadi solusi cepat untuk mengenyangkan dan dinikmati lidah. Terutama dengan makanan berlabel “rendah lemak”, alih-alih mendapatkan tubuh ideal, justru malah jatuh. Cara menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda bisa mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan berlabel “rendah lemak”. Dikutip dari Halodoc, makanan berlabel “rendah lemak” biasanya mengandung banyak gula dan garam.